LAPORAN AKSI NYATA MODUL 2.2 KOMPENTENSI SOSIAL EMOSIONAL
ERNI NURNANINGSIH
CGP ANGKATAN 4 KABUPATEN MAGELANG
SMP MUHAMMADIYAH NGLUWAR
1. Latar Belakang
Memenuhi tugas dan kewajiban sebagai Guru Penggerak Pembelajaran daring menimbulkan suatu penurunan karakter Perlu motivasi dan strategi baru untuk memotivasi anak. Menanamkan mindfulness Pengenalan tehnik STOP
2. Tujuan Aksi Nyata
Aksi Nyata yang saya lakukan ini adalah menerapakan pembelajaran yang sudah saya dapatkan dalam modul 2 yang dimulai dengan Pembelajaran Berdiferensiasi dilanjutkan dengan Kompetensi Sosial Emosional. Saya melakukan aksi nyata dengan tujuan yaitu:
Menerapkan mindfulness
Menciptakan pembelajaran yang menyenangkan
Menanamkan dan menerapkan KSE Mewujudkan
Budaya positif
Menciptakan merdeka belajar
3. Rencana Aksi Nyata
Aksi nyata yang saya lakukan yaitu dengan:
Rancangan program Sosialisasi kepada KS, wali kelas Guru dan karyawan Sosialisasi program dan rencana program kepada anak anak. Pelaksanaan kegiatan Evaluasi kegiatan
4. Deskripsi Aksi Aksi Nyata dilakukan dengan menerapkan KSE. KSE yang diterapkan yaitu tentang pengendalian diri dan membangun relasi. Penerapan KSE yaitu dengan: Rutin yakni sholat duha dan setoran bacaan pada pagi hari kemudian untuk anak yang kurang lancar mengaji dengan cara mengaji disimak Bapak / Ibu Guru Terintegrasi dalam mata pelajaran yakni dengan membangun apersepsi ketika memulai pembelajaran untuk menumbuhkan empati. Selanjutnya dengan menerapkan tehnik STOP kemudian dilanjutkan dengan refleksi tentang pembelajaran yang sudah saya lakukan dari murid
5. Refleksi
Perencanaaan
Untuk perencanaan saya sudah berusaha untuk menyiapkan perangkat pembelajaran yang dibutuhkan untuk aksi nyata 2,2 ini, Tetapi perubahan dari PTM terbatas kemudian PJJ lagi ini tentunya juga mempengaruhi persiapan yang harus dilakukan.
Pelaksanaan,
Untuk pelaksanaan semua secara garis besar sesuai dengan harapan yang ingin dicapai, Pembelajaran yang saya lakukan yaitu materi tentang teks persuasif untuk kelas VIII. Sebelum saya menyusun RPP saya memetakan pemetahaan kebutuhan belajar murid / Diferensiasi yakni dengan pemetaan kebutuhan belajar siswa yang saya mulai berdasarkan kesiapan murid, minat murid dan gaya belajar murid. Masing masing dalam kelompok mana yang sudah menguasai, mana yang kurang menguasai dan mana yang belum menguasai tentang penulisan dari teks persuasi. Deferensiasi produk yang saya lakukan yaitu dengan saya memberi kebebasan kepada murid saya untuk menetukan apa hasil produk yang ingin dilaksanakan murid ada yang membuat PPT sederhana ada PPT yang sudah bagus juga ada yang membuat persuasi dengan membuat video, untuk diferensiasi berdasarkan minat murid, Ada yang suka sepak bola ada yang suka memasak, membaca dan internet
Perasaan.
perasaan saya melaksanakan Aksi Nyata ini adalah sangat khawatir dan tertantang. karena ini adalah aksi nyata yang saya laksanakan sebagai bentuk penerapan saya dalam PPGP ini tentunya khawatir bila saya tidak mampu melaksanakan dan menyelesaika Aksi Nyata ini dengan lancar. Sedangkan perasaan anak anak sangat senang dengan Aksi Nyata ini karena baru pertama kali saya melakukan pembelajaran berdiferensiasi dan menerapkan tehnik STOP ini biasanya saya hanya menerapkan ice breaking untuk menhilangkan capai dan penat. Tertantang karena KSE dan PSE ini merupakan pengetahuan yang baru saya dapat sehingga saya harus belajar untuk mendapatkan hasil yang maksimal,
Rencana Perbaikan untuk pembelajaran selanjutnya
Saya akan melakukan perbaikan pembelajaran utamanya dalam perangkat pembelajaran. Belum bisa menerapakan pembelajaran berdiferensiasi dan PSE saya juga belum memetakan kebutuhan belajar murid. PSE dan KSE yang saya lakukan tidak saya tulis dalam RPP saya maka saya perlu menuliskan agar lebih jelas. Selanjutnya saya akan mengajak teman saya meski hanya beberapa rekan sejawat untuk mengenalkan pembelajaran berdiferensiasi, dan KSE.
Dokumentasi kegiatan

%20(1).jpg)

.jpg)


Tidak ada komentar:
Posting Komentar