Mulai dari Diri - Penetapan Tujuan, Refleksi dan Umpan
Penetapan Tujuan
Karena saya ingin mengembangkan diri dan terus belajar.Ilmu yang saya dapat dalam PendidikanGuru Penggerak sangat bermanfaat baik untuk diri saya sendiri, untuk pembelajaran bagi peningkatan pembelajaran yang berpihak pada murid maupun untuk rekan guru yang. Tentunya hal itu tidak akan berhasil dan berdampak bagi semua bila saya hanya berdiam diri. Saya harus senantiasa menularkan ilmu yang saya dapat kepada rekan saya yang lain baik rekan di sekolah maupun rekan guru yang lain.
Yang ingin saya capai adalah saya bisa mendampingi Guru penggerak bisa mendampingi dan menuntun Calon Guru Penggerak sesuai tujuan yang ingin dicapai. Jika masing masing Guru Penggerak bisa meningkatkan kompetensi sesuai dengan nilai dan peran guru Penggerak maka bersama sama kita wujudkan merdeka belajar dengan menciptakan pembelajaran yang berpihak pada murid dengan karakter sesuai dengan profil pelajar pancasila. Pada gilirannya adalah membentuk murid yang bahagia dan berguna di masyarakat.
Sudah sesuai karena dari belajar Guru Penggerak saya bisa belajar tentang banyak hal yang nanti akan bisa saya terapkan dalam membantu mencapai visi saya
Saya seperti teringat flasback dari kemarin ketika saya belajar guru penggerak. Saya menjadi mempunyai semangat lagi dan energi yang muncul dengan menuliskan refleksi karena ini . Agak lama saya tidak membuka materi jadi rasanya ada penyegaran dan memunculkan semangat baru. Materi menjadi tertanam jelas yang semula hilang sekarang timbul lagi
Berbagai perasaan muncul dalam diri saya ada senang karena teringat teman teman banyak yang belum berhasil lolos dalam pemekalan pp ini dan menimbulkan semangat untuk terus belajar. Bingung karena harus membagi waktu antara mengikuti zoom dan meninggalkan kewajiban sebagai pendidik.
Refleksi muncul dari kebermaknaan terhadap hasil pembelajaran karena dari situ kita bisa menggali kekuatan dan kelemahan dari pembelajaran , Apa yang sudah baik kita tingkatkan apa yang kurang kita perbaikin dan apa keuntungan materi bagi peningkatan peserta didik dan apakah peserta didik juga mengalami hal yang sama
Dalam satu paragraf, ceritakan pengalaman Anda yang paling berkesan ketika memberikan atau menerima umpan balik dari rekan sejawat atau pimpinan sekolah. Bagaimana perasaan Anda sewaktu memberikan atau menerima umpan balik tersebut?
Perasaan yang paling berkesan ketika mendapatkan umpan balik dari atasan adalah ketika saya mendapatkan umpan balik dari kepala sekolah, waktu itu saya kejadian di sekolah lama saya sedang deseminasi modul budaya positif kepada KS dan rekan sejawat. Sesi terakhir saya memberikan waktu KS untuk menanggapi. KS kemudian memberikan tanggapan dalam memberikan tanggapan justru dia gunakan kesempatan untuk menyampaikan unek uneknya. Saya sedih sekali tetapi itu saya jadikan intropeksi untuk perbaikan saya ke depan agar saya lebih baik lagi. Padahal murid murid dan teman teman saya mengapresiasi saya
Berdasarkan pengalaman Anda dalam memberi dan menerima umpan balik, menurut Anda apa yang dimaksud dengan umpan balik?
Umpan balik adalah kita mengadakan evaluasi atau flasback tentang apa yang sudah kita pelajari atau apa yang sudah kita lakukan. Hal hal yang baik kita tingkatkan, Hal hal yang kurang kita cari solusi untuk menggali lebih dalam lagi dan bagaimana cara untuk memperbaikinya

Tidak ada komentar:
Posting Komentar